Senin, 05 Agustus 2013

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR (DISINI MASTERNYA)



DI BUAT OLEH ADNAN RISNAWAN,. kamis, 06 agustus 2013
Contoh Surat Lamaran Kerja. Bagi temen temen yang sudah tidak sekolah lagi (baca:Lulus) tentunya sebagian besar akan melanjutkan hidup ke dunia kerja, dan langkah awal yang bisa dilakukan dalam mencari pekerjaan yang cocok adalah membuat surat lamaran kerja dan selanjutnya mengirimkan kepada perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan.

Bagi temen temen yang sedang mencari pekerjaan perlu di perhatikan surat lamaran kerja ini sangat berpengaruh dalam hal mendapatkan pekerjaan, bayangkan saja jika surat lamaran pekerjaan kalian terlihat tidak menarik dan berantakan tentunya calon bos kalian tidak akan mempertimbangkan dan hasilnya surat lamaran kalian berakhir di tong sampah kantor. Lain halnya jika surat lamaran kerja kalian menarik, rapi dan tidak membingunggkan pastinya calon para calon bos akan mempertimbangkan lamaran kalian di perusahaannya.


Mengingat betapa pentingnya surat lamaran kerja untuk mendapatkan pekerjaan disini saya akan mencoba memberi beberapa tips menulis atau membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja.
Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan


1. Data pribadi
  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon / HP
  • E-mail (tidak wajib)
  • Status Perkawinan

Untuk point telpon atau nomer hp kalian wajib untuk mengisinya, karena nomer telpon atau hp inilah yang di gunakan oleh perusahaan untuk menghunbungi kalian jika ada panggilan interview. jika kalian tidak memilikinya disarankan untuk menggunakan nomer telpon kerabat, sahabat, atau orang terdekat kalian.

2. Pendidikan
Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
Pendidikan non formal seperti halnya kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti.

3. Pengalaman bekerja
Jika kalian memiliki pengalaman kerja ada baiknya sebutkan dalam surat lamaran kerja yang kalian buat. namun jika kalian belum memiliki pengalaman kerja sebaiknya sebutkan kemampuan kalian dalam bidang kerja yang ingin kalian lamar, hal ini akan menjadi pertimabangan bagi perusahaan.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
  • Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas Foto terbaru
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)

Lampiran berfungsi untuk mempertegas surat lamaran kerja yang kalian kirim selain itu seperti halnya pengalaman kerja lampiran juga dapat berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kalian sebagai karyawan.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan, dan untuk melengkapinya akan saya berika contoh surat lamaran kerja yang bisa kalian gunakan untuk melamar kerja dan sebagai contoh untuk membuat surat lamaran yang baik.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Lamongan, 23 Mei 2013
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Sehat Sentosa Sepanjang Masa

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Sehat Sentosa Sepanjang Masa, seperti yang termuat dari harian Jawa Pos pada tanggal 22 Desember 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Sehat Sentosa Sepanjang Masa sebagai berikut:
Nama : ..........................
Tempat & tgl. Lahir : .......................
Pendidikan Akhir : ......................
Alamat : .....................
HP : ......................
Email : ...........................
Status Perkawinan : ..........................(single/nikah)

Saat ini saya bekerja sebagai staff di PT. Morie Loverz  Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah SMA/MA
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru ukuran 3x4 2 LEMBAR

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Adnan Risnawan

 Nah mungkin itu bisa membantu para sobat-sobat yang lagi bingung untuk menulis surat lamaran kerja ,, SEMOGA MEMBANTU

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar